Tips Bisnis Start-Up untuk Pemula

Bisnis

Lihat perubahan perusahaan starup dalam masa digital yang semakin bertambah di Indonesia tidak heran apabila banyak anak muda tertarik cobanya. Tetapi mengawali startup tak gampang, butuh lakukan penelitian terlebih dulu bila tidak ingin kalah saing. Agni Pratama sebagai Vice President Business Development LiMa Grup Craft Enthusiast memberi beberapa tips untuk anak muda yang ingin coba bangun perusahaan start-up.

Tips Bisnis Start-Up untuk Pemula

1. Dari mulai Permasalahan
Agni merekomendasikan untuk mengawali usaha dengan lihat ‘masalah’ yang berada di orang-orang. Itu langkah paling baik untuk mulai bangun startup.

” Dari mulai masalah yang dihadapi oleh market, saat ini orang-orang mempunyai permasalahan apa sich. Seperti perusahaan Gojek bagus dia start dari gosip transportasi orang-orang, mencari banyak info, hingga saat ini. Memanglah semestinya diawali dari penelitian dahulu baru bikin product, ” tutur Agni pada CNBC Indonesia waktu didapati di lokasi Barito, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

2. Kenal Ekosistemnya
Agni juga menjelaskan bila beberapa aktor usaha starup butuh mengetahui ekosistem bisnisnya. Janganlah semuanya ingin bergerak sendiri cuma berdasar pada pengetahuan pribadi. Terpenting untuk yang memiliki startup memiliki mentor atau konsultan.

” Kegagalan paling utama startup yaitu tidak kenal ekosistemnya. Mereka tidak mempunyai mentor, mereka cuma mengerjakannya based on research maka cuma tahu bila barang itu laris namun tidak kenal ekosistem bisnisnya, itu bahaya, ” terangnya.

3. Mempunyai Visi Besar
Jadi pelaku bisnis, Agni mengingatkan bila Anda mesti memiliki visi-misi dalam periode waktu panjang. Bukan sekedar pikirkan usaha yang di bangun sekarang ini namun juga mempunyai formulasi untuk pengembangannya.

” Mempunyai visi yang besar ini maka modal kuat. Investor bakal tertarik saat kita mempunyai misi serta visi yang besar, contohnya oke saya ingin membangun satu toko dahulu bakal tidak sama dengan oke saya ingin bikin satu toko di tiap-tiap kota di semua Indonesia, ” lebih pria yang telah terjun di industri usaha craft mulai sejak 1997 ini.

4. Hati-hati Pilih Investor
Saat perusahaan startup Anda telah berkembang serta banyak investor tawarkan pertolongan, Agni mengingatkan untuk waspada. Sekarang memperoleh investor tidak cuma buat modal namun juga memperhitungkan jenis usaha yang akan datang. Saat Anda telah tak satu misi serta visi dengan investor baiknya mencari yang lainnya lantaran sangatlah memengaruhi perubahan usaha nanti. Menurut Agni, waktu suatu startup telah mempunyai value serta product yang bagus di pasar, tidak butuh takut untuk kehilangan investor. Malah bakal banyak investor yang hadir serta Anda mesti hati-hati dalam memilihnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *